Rabu, 26 Desember 2012

Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat


Kegiatan pokok Pelaksana Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat adalah:

a.      Pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat
b.      Pelayanan kesehatan anak sekolah/UKS
c.      Peningkatan kepedulian terhadap perilaku hidup bersih dan  sehat (PHBS).
d.      Peningkatan peran serta masyarakat (PSM) dalam pembiayaan kesehatan
e.      Peningkatan pendidikan kesehatan kepada masyarakat.
Dalam upaya Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat , puskesamas Wanasari telah mengadakan berbagai kegiatan, antara lain :
A.      Pidato Bahaya Rokok bagi pelajar SMP/MTS dan SMU/MA/SMK tingkat kecamatan Wanasari
Lomba ini telah dilaksanakan, pada hari sabtu tanggal 29 September 2012, di aula puskesmas Wanasari, mulai jam 08.00 sampai selesai, dengan Peserta Lombai sebanyak15 (Lima Belas) siswa Pelajar SMP/MTs dan 15 ( Lima Belas ) siswa Pelajar SMA/MA/SMK  di kecamatan Wanasari
Tujuan lomba adalah Upaya pemberian informasi agar pelajar menyadari       akan bahaya rokok.
 
                               Sedangkan Sumber dana berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau DPA- SKPD Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Tahun Anggaran 2012. (Kegiatan dapat di lihat pada gambar sbb) :






 
B.      UKS dan UKGS
Kegiatan ini dilakukan saat penjaringan kesehatan anak sekolah pada awal tahun ajaran baru dengan melibatkan lintas program, antara lain dokter puskesmas, perawat umum, perawat gigi, Bidan, petugas Gizi, Sanitasi, petugas promkes dan juga melibatkan guru UKS dan sekolah terkait.
Kegiatan ini di laksanakan di sekolah TK maupun Sekolah Dasar yang ada di wilayah puskesmas Wanasari, dengan tujuan menyiapkan calon generasi muda yang sehat jasmani, mental spiritual dan sosial dalam lingkungan sekolah sehat, dan hasil yang di harapkan adalah :
    Anak sekolah menerapkan PHBS
    Anak sekolah  menjadi kader kesehatan bagi keluarganya
    Sekolah menjadi lembaga pembelajaran dalam bidang kesehatan
Para guru menjadi mitra pengembangan sekolah sehat Sehingga Anak sekolah tumbuh sehat, cerdas & berprestasi (Kegiatan dapat di lihat pada gambar berikut) :




 
Kriteria penilaian strata Rumah tangga berdasarkan definisi operasional SPM dari 16 indikator PHBS adalah rumah tangga yang telah melaksanakan 1-5 indikator strata pratama, 6-10 indikator strata madya, 11-15 indikator strata utama dan telah melaksanakan 16 indikator disebut rumahtangga strata paripurna.
C.      Penyuluhan Kesehatan  Masyarakat
Petugas Promosi Kesehatan dan lintas program terkait, baik dokter puskesmas, petugas sanitasi, Bidan, petugas gizi bekerjasama dalam melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, melalui pertemuan PKK tingkat desa, di Posyandu maupun di sekolah- sekolah di wilayah puskesmas Wanasari.
Materi yang disampaikan berupa penyakit-penyakit menular yang menjadi prioritas, seperti Demam Berdarah, Flu Burung, Penyakit TBC Paru, Pentingnya Gizi, Immunisasi, bahaya rokok dan Narkoba bagi kesehatan, kesehatan Gigi dan mulut, kesehatan lingkungan dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), dan lain-lainnya.
Tujuan kegiatan ini adalah masyarakat mendapatkan informasi-informasi penting tentang kesehatan, mengetahui dan memahami apa yang di sampaikan oleh petugas kesehatan sehingga masyarakat menyadari, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencapai kesehatan yang optimal. (Kegiatan dapat dilihat  pada gambar berikut) :





D.      Sosialisasi Pelayanan Jamkesmas dan Pemberdayaan Masyarakat di bidang Kesehatan.
Sosialisasi penggunaan kartu jamkesmas dan pelayanan kesehatan melalui program jamkesmas tingkat kecamatan wanasari sudah disampaikan oleh kepala puskesmas masing-masing yang ada di kecamatan wanasari pada hari rabu tanggal 26 Desember 2012 di aula pertemuan kecamatan Wanasari.
Tujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan penggunaan kartu jamkesmas dengan sebaik-baiknya, begitu juga petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal sesuai petunjuk teknis pelaksaan yang ada untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Untuk upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan diharapkan masing-masing desa mengupayakan desa siaga, dengan membentuk forum kesehatan desa (FKD) yang sudah di buatkan SK (Surat Keputusan) dari desa sehingga desa dan masyarakat juga peduli dan mau berpartisipasi dalam pembangunan kesehatan bagi masyarakat di daerahnya. (Kegiatan dapat dilihat melalui gambar berikut) :

0 komentar:

Posting Komentar